Breaking News

Minggu, 14 Februari 2016

IPDN

IPDN 2016


IPDN 2016 - PDN atau yang memiliki kepanjangan Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. IPDN merupakan penggabungan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). IPDN ini diselenggarakan dengan tujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. IPDN telah didirikan pada tahun 2004 yang lokasinya terletak di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Jika anda ingin menjadi kader pemerintah, silahkan kuliah di IPDN. Ikutilah semua proses pendaftaran, proses seleksi dan perkuliahan dengan baik agar nantinya bisa menjadi kader pemerintah yang baik pula.
IPDN memang perguruan tinggi khusus, tetapi diluar dari itu ada banyak komentar yang mencuat seperti pemerintah tidak adil karena hanya sekolah khusus itu saja yang bisa menjadi Camat, nah masih ingat dengan kasus lelang camat yang dilakukan oleh Mantan Gubernur Jakarta yang sekarang menjadi presiden ada benarnya juga karena memberikan kesempatan bagi mereka yang mampu meminpin Kecamatan.

A. PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia pelamar/peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2016: Pelamar berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
  3. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) dengan Tahun Kelulusan yaitu tahun 2013, 2014, dan 2016.
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
  6. Tidak  menggunakan  kacamata/lensa  kontak  sesuai  dengan  unsur  pemeriksaan kesehatan.
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah/Puskesmas setempat.
  8. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  9. Bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan; Siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal,  mengkonsumsi  maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak.

B. PERSYARATAN ADMINISTRASI 
  1. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
  2. Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah : RSUD/RS TNI/RS Polri/Puskesmas Pemerintah setempat menerangkan tinggi badan, dll.
  4. Biodata Calon Peserta Seleksi.
  5. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  6. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan  seluruh  biaya  pendidikan  yang  telah  dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  7. Surat  Pernyataan  siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal, mengkonsumsi   maupun menjual   belikan   narkoba,   melakukan   perkelahian, pemukulan  dan  pengeroyokan,  dan  melakukan tindakan  asusila,  berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-.
  8. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  9. Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita. Ditujukan kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kabupaten/Kota.

C. JADWAL PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran Calon Praja IPDN Online : 6 Oktober 2016 s.d 19 Oktober 2016
  2. Rangkaian seleksi IPDN : 6 Oktober 2016 s.d 5 Desember 2016
  3. Pengumuman Capra lulus Pantukhir : 5 Desember 2016

D. ALUR PENDAFTARAN
Penerimaan Calon Praja IPDN dilakukan dengan urutan atau alur pendaftaran berikut ini.
  1. Melakukan Pendaftaran
  2. Seleksi administrasi / verifikasi berkas
  3. Tes psikologi, integritas, dan kejujuran
  4. Tes kesehatan (mata maksimal plus minus 1,0 ; gigi tidak boleh berkawat, kalau ada yang berlubang ditambal atau jika sudah parah sebaiknya dicabut)
  5. Tes kesemaptaan (Terdiri dari mengelilingi lapangan bola selama 12 menit; push-up; sit-up; pull-up; dan shuttle run atau lari membentuk angka 8)
  6. Tes kompetensi dasar (Terdiri dari matematika dasar; bahasa indonesia; bahasa inggris; dan kwarganegaraan)
  7. Penentuan akhir
  8. Penetapan MDN
  9. Kuliah perdana sebagai mahasiswa IPDN

E. TATA CARA PENDAFTARAN 
  1. Buka website http://spcp.ipdn.ac.id
  2. Isi biodata pendaftaran awal berupa nama anda, tanggal lahir, KTP / NIK. password, email aktif.
  3. Kemudian akan mendapatkan konfirmasi melalui email yang anda daftarkan.
  4. Login kembali ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk melakukan registrasi secara lengkap
  5. Isilah biodata diri anda, biodata orang tua, upload foto, STTB, dan dokumen administrasi lain yang diperlukan.
  6. Panitia akan melakukan proses verifikasi dokumen administrasi pendaftaran.
  7. Bagi yang lulus seleksi admintrasi bisa langsung mencetak kartu tanda peserta.
  8. Selanjutnya mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) 
F. WEBSITE RESMI
Berikut ini websiteresminya IPDN untuk lebih lanjutnya http://ww2.ipdn.ac.id/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Dimas Dwi Ivandri